Rabu, 18 Desember 2013

Wonder

                Nggak kerasa waktu bergulir cepat ya, nyaris setahun gue suka sama lo dan hampir aja move on kalo lo nggak dateng tiba – tiba lagi kayak sekarang. Well ini nggak adil banget ya. Di saat gue udah berusaha lupain lo dan malahan emang udah nyaris lupa, lo malah dateng nyelonong enak banget. Mungkin emang bukan niat lo kali buat dateng lagi dan bikin gue flashback lagi kayak gini, but don’t you know it makes me flying back to the past. Balik lagi di saat – saat kita masih deket dan sering banget komunikasi entah lewat sms atau telepon, yang jelas dalam satu hari pasti ada kabarlah dari lo.
                Sekarang lo udah sama orang lain dan gue juga begitu. But as you know my feeling is always been you. Gue juga nggak tau kenapa bisa kayak gitu, hal ini emang udah gue rasain saat hubungan gue sama si dia udah mau menginjak angka empat bulan dan lo sama si dia juga udah mau enam bulanan. Hancur banget rasanya pas denger lo bilang “Ran I always been you, call me if you need me”. Pertanyaan gue Cuma satu, apa lo juga bilang gitu ke cewek lo?. Gue Cuma takut kalo lo udah berubah jadi cowok nggak bener yang suka manfaatin keadaan terpuruk cewek demi kesenengan lo semata. Gue goyah, goyah banget. Saking goyahnya gue sampe lost contact sama cowok gue nyaris dua bulan. Hebatnya cowok gue dia nggak marah sama sekali, justru dia khawatir banget takut gue kenapa – kenapa. Berkali – kali dia telfon ke nomer rumah tapi gue selalu bilang sama bibi kalo ada yang nyari gue bilang gue tidur atau apalah yang penting gue nggak ngomong sama dia. Akhirnya pas udah dua hari lagi adalah dua bulang gue nggak contact sama dia, gue nyoba hubungin dia ewat sebuah sms bertuliskan
“Trian maaf baru sms, hape ku baru aktif. Kamu bisa main kerumah aku sekarang nggak? Aku butuh kamu untuk mendengar kisah panjang ini, dateng ya? Makasih”
Kejutannya adalah ternyata lima menit kemudia Trian udah ada di depan kamar gue dan dia langsung masuk dan dengerin cerita gue dari awal sampe akhir. Gue jujur ke Trian kalo masih ada orang di masa lalu yang gue tunggu. Hebatnya dia terima itu dan berusaha ngeyakinin gue kalo emang setiap manusia memiliki kesempatan. Trian tetep ngijinin gue buat nunggu orang itu, tapi Trian juga bilang “selama kamu nunggu orang itu kembali sama kamu selama itu juga aku bakalan berusaha ngerubah perasaan kamu jadi nunggu aku dan bukan dia lagi” dan gue setuju sama itu.
                Hari – hari gue laluin bareng Trian, dari ke kampus, mall, salon, kerja kelompok, makan siang, bahkan ngasih makan kuda di peternakan keluarga aja Trian ikut. Ini memang terkesan over protective tapi gue tau semuanya demi gue. Trian nggak mau gue masih nungguin orang di masa lalu, dia mau gue cinta dan sayang Cuma buat dia aja. Trian cowok romantis yang bikin gue lumayan luluh sama cowok. Selain Langit –orang di masa lalu- cuma Trian yang bisa buat gue ngalihin rasa penat gue kuliah ke dalam dunia santai yang penuh tawa.
                Satu tahun kemudian. Bener aja Langit dateng ke rumah gue dan bilang kalo satu bulan lagi dia wisuda. Dia ngundang gue sebagai orang spesial. Sumpah saat itu rasanya gue pengen banget teriak loncat kegirangan kalo aja nggak ada bunyi dering telefon dari Trian yang bakalan bikin gue balik ke dunia nyata kalo gue sekarang punya Trian dan nggak bisa pergi sembarangan sama cowok orang. Trian ngabarin kalo dia lulus sidang tahap akhir, itu artinya satu bulan lagi dia juga bakalan wisuda. Udah pasti Trian nyuruh gue dateng ke acara wisudanya. Gue nggak tau harus kayak gimana. Gue Cuma bilang ke Langit kalo gue nggak bisa jawab sekarang. Langit ngasih gue waktu dua hari buat mikir.
                Dua hari yang terasa singkat gue pergunain buat bener – bener mikirin semuanya. Nentuin pilihan itu yang sulit. Posisi ini yang salah, sekaligus keadaan. Kenapa Langit harus balik di saat gue udah punya Trian yang bener – bener sayang sama gue. Dan kenapa gue sama Trian bisa bertahan sampe sampe setahun lebih padahal gue nggak punya perasaan apa – apa ke dia. Sumpah ini gue bingung banget. Gue emang terlalu terbuka sama Trian. Gue cerita semuanya sama Trian dan Trian bilang “terserah kamu Ran, kalo kamu emang udah nunggu – nunggu saat ini ya kamu boleh pilih pergi sama Langit kok, aku ada mamah sama papah atau nanti aku sekalian ajak adikku sebagai pengganti kamu”. Jujur hati gue sedikit terhanyut denger ucapan Trian yang kayak gitu. Trian bener – bener ngasih kebebasan buat gue dalam memilih. “Trian kamu cowok baik, kamu nggak pantes banget sama aku. Kamu bisa cari pengganti ku kok kalo kamu mau” kataku setelah Trian mengutarakan pendapatnya barusan. Lalu dia membalas “nggak ah Ran, menurut aku kamu yang paling pas buat aku. Kalo kamu mau cari yang lain silahkan, biar aku pastiin dulu kamu nggak akan balik ke aku baru aku cari yang lain lagi yah” ucap Trian sambil tersenyum dan pamit meninggalkan ku. Oh tuhan kenapa kau pertemukan aku dengan pria sebaik Trian. Aku tidak menyesal tuhan, hanya saja mengapa kau pertemukan aku dengan dia di saat kau takdirkan Langit datang kembali kepada ku?
                Pintu rumah terdengar terketuk pas gue lagi mau nuang ice coffee ke cangkir hello kitty kesukaan gue, mba asih yang buka pintunya. Terus mba asih manggil gue bilang ada tamu, udah pasti ini Trian. Dia kan janji mau nganter gue buat beli dress buat wisudanya dia. Pas gue dateng ke ruang tamu betapa kagetnya gue itu bukan Trian tapi malah Langit. “hai ran, gimana jadi beli dressnya?” sumpah itu gue bingung banget bangetan, kok Langit tau kalo gue mau beli dress hari ini? Tapi yaudahlah toh gue juga suka jalan sama Langit. Beberapa menit kemudian gue udah rapih dan siap berangkat. Gue tambah kaget karena sekarang Langit nganter gue pake Pajero Sport putih susu yang udah lama banget gue incer. Sumpah rasa suka gue makin bertambah setelah tau Langit makin jadi kriteria cowok yang bakalan gue jadiin suami OMG. Okeey berangkat.
                Disisi lain ternyata Trian udah nunggu gue beberapa blok dari rumah gue, dia setia menunggu di dalam sedan hitam klasik kesukaanya. Bodohnya gue adalah gue sama sekali nggak sadar kalo itu adalah mobil sedan milik Trian. Nyantai banget gue ngelewatin sedan hitam itu. Gue baru tau kalo Trian udah nunggu gue pas malam jam sembilan, Trian telfon gue dan bilang semuanya. “tadi aku udah nyampe pas kamu pergi sama cowok yang aku nggak tau itu siapa jam dua siang tadi” ucap Trian to the point pas telfonya gue angkat. Gue Cuma bisa diem dan mengutuk kebodohan gue sendiri tadi siang. “maaf ya yan, aku nggak tau” gue Cuma bisa bilang itu. Trian masih sabar “iya nggak apa – apa, tadi itu siapa ran?” tanya Trian menyelidik. “itu tadi langit, maaf ya yan” ucap gue dengan nada menyesal, gue kira Trian bakalan tetep sabar ternyata Trian langsung matiin telfonya sepihak. Jantung gue berdebar parah, gue takut banget Trian marah ke gue. Sebab Trian adalah orang yang nggak pernah marah jadi gue takut banget dia marah.
                Udah dua hari semenjak kejadian gue dan Langit pergi bareng berlalu. Trian bener – bener nggak hubungin gue kayak biasanya. Sekarang apa – apa harus gue yang mulai duluan. Sumpah gue mulai ngerasain kangen sama Trian, kangen yang bukan hanya sekedar kangen tapi kangen yang bener – bener kangen. Akhirnya gue beraniin buat minta maaf sama Trian itu juga lewat sms, Trian ngajakin gue ketemuan di kafe biasa gue dan dia nongkrong. Nggak tau kenapa ini bukan perasaan yang biasanya gue rasain kalo mau ketemu sama Trian, ini beda. Sampe disana udah ada Trian dengan kaos polo warna hitam dan celana cino lengkap dengan sepatu tali andalanya. Trian sedang mengutak utik hapenya. Gue sama Trian bicara serius tanpa harus ada adu mulut diantara gue, karena Trian memang bukan orang yang suka mengadu urat dengan orang lain. Jangankan mengadu urat, bicara aja Trian Cuma seperlunya aja. Ternyata Trian nggak marah sama gue dia Cuma kehabisan pulsa katanya, dan masalah nggak sms gue duluan itu Cuma dia pengen sesuatu yang beda dari gue.
                Hari ini Langit dateng lagi, setelah cukup lama berbasa basi akhirnya dia nanya kejelasan gue dateng atau engga ke wisudanya. Jujur gue masih bingung, gue mau banget dateng tapi gue juga harus dateng ke acara wisuda Trian. Dengan sangat berat hati gue nolak ajakanya dia. Dia Cuma bilang “kalo pikiran lo berubah hubungin gue ran!” lalu dia pergi pamit pulang. Agak lega setelah tau kalo Langit nggak terlalu berharap gue dateng.
SATU BULAN KEMUDIAN…
                Pagi ini gue udah cantik banget. Dress warna biru laut sedikit di atas lutut dan tanpa lengan menyelimuti badan gue, gue emang males banget pake high heels atau wedges gitu jadi gue pake sepatu kets warna putih yang kebetulan banget baru beli dua hari yang lalu. Suara klakson mobil terdengar setelah gue selesai menyisir rambut gue asal dengan tangan. Gue pamit sama mamah dan keluar. Batin gue ‘kok tumben trian nggak masuk dulu say hello sama mamah’. Buka gerbang rumah dan gue dikejutkan dengan sesosok laki – laki yang emang bukan Trian. Yap itu Langit, dengan setelan kemeja dan celana bahan berwarna hitam dan lengkap dengan pantofel hitaam mengkilat abis. “hai ran! Gue udah ijin kok ke Trian, lo dateng ke acara wisuda gue aja yaa”. Sumpah Langit ngomong enteng banget. But karena dia maksa banget dan bermodalkan ijin Trian yaudah deh gue pergi ke acara wisudaanya si Langit.
                Wisuda udah dimulai dan gue mulai gelisah. Tiba – tiba ada perasaan kangen Trian di dalam diri gue. Gue pengen banget liat Trian maju kedepan dan senyum sama semua orang karena dia udah lulus. Langit selalu nengok ke arah gue dengan senyum khasnya yang emang manis banget bikin cewek – cewek meleleh dan Cuma gue bales dengan senyum maksa milik gue. Gue ijin ke toilet sama Langit. Di toilet gue nelfon Trian, Trian lama banget ngangkatnya. Gue mulai gelisah. “hallo ran? Ada apa?” akhirnya tuhan Trian ngangkat telfonya. “hallo trian, udah mulai acaranya?” tanya gue dengan nada mendesak. “belom, masih nunggu rektor kena macet” ucap Trian santai. “oh okey. Bye!” terus gue tutup telfonya buru – buru. Keluar dari toilet dan berlali menuju arah keluar gedung, nyari taksi, naik dan bilang ke abangnya suruh ngebut “pak gedung Airlangga ya, cepetan pak”.
                Aduh macet. Lama banget. Perjalanan menuju gedung kalo diitung normal itu sekitar dua puluh lima menitan, kalo macet yaa lamaaaaaaaa. “pak ini nggak bisa nerobos?” ucap gue ngasal. Mana ada taksi nerobos macet. “ya nggak bisa neng, namanya juga macet” kata supir taksinya sambil ketawa. “yaudah deh pak saya turun disini aja, nih uangnya pak ambil aja kembalianya, makasih pak” lalu gue lari sampe dapet ojeg. Pas dapet gue langsung nyuruh abangnya ngebut ples nyalip – nyalip. Setelah nyalip – nyalip dan ngebut akhirnya gue nyampe di gedung. Gue langsung bayar dan lari ke dalam. Nyari ruangan wisudanya dan ketemu. Pas banget gue masuk nama Trian lagi dipanggil, gue Cuma bisa ngeliat dari jauh di belakang. Trian ganteng banget, dan gue seneng karena Trian salah saru mahasiswa yang lulus dengan nilai tertinggi. Trian sempet liat gue dan dia kaget. Gue duduk di belakang sampe acara selesai. Trian langsung nyampeti gue dan bilang “kok kamu disini ran? Langit gimana?”.
                “aku tinggal, aku pengen banget liat kamu Trian. Kenapa kamu ngijinin dia jemput aku?” sambil memeluk Trian.
                “emm aku kira kamu bakalan labih seneng nemenin dia dari pada aku ran” ucap Trian dengan nada yang kecewa tapi sambil tersenyum.
                “ya enggak lah. Eh yaudah ngomong – ngomong selamat ya udah lulus J aku sayang kamu Trian” ucap gue sambil menjabat tanganya dengan erat. Dan Trian meluk gue lagi.


SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar