Sabtu, 22 Maret 2014

Lucky

                Sore yang indah. Beberapa burung terlihat berlalu lalang dengan sesama koloninya. Rerumputan sore ini juga terlihat bergoyang seirama, seirama dengan hati Riana juga. Langit tak terlalu terang tak juga gelap, langit terlihat segar dengan sedikit sisa sinar matahari yang menyemburat dari arah barat.
                Sebuah gazebo rumah yang lumayan luas itu kini sudah penuh dengan hiasan bintang dan bulan yang sengaja Riana gantung disana – sini, katanya biar tidak bosan. Sifat yang aga sedikit kekanakan yang dimiliki Riana sepertinya belum hilang, paling tidak tiga tahun belakangan ini.
                Tepat pukul tujuh malam sesosok tinggi putih dan berponi itu datang. Menyapa Riana yang sedang membaca berita melalui tab kesayangannya. “kamu masih aja baca berita pas janjian sama aku” suara itu tanpa salam dan basa – basi langsung menyapa Riana dengan ketus.
               “kamu kenal aku udah tiga tahun tepat dam, harusnya kamu ngerti dong hehe” balas Riana dengan senyum hangat yang tiga tahun belakangan ini selalu mengisi hari – hari Adam dimana pun.
                Tiga tahun lalu Adam meyakinkan dirinya untuk menjadikan Riana sebagai pendampingnya. Di depan rumah Riana, di gazebo yang dulu dibawahnya masih terdapat kolam ikan milik kakak Riana. Adam menyatakan perasaannya dengan memberi Riana setangkai bungan mawar putih yang sebenarnya tidak begitu di sukai Riana.
(FLASHBACK)
                Setangkai mawar putih terselip diantara kedua tangan Adam di belakang punggungnya. Duduk dengan perlahan dan memulai percakapan dengan mencoba mengajak Riana menghitung berapa banyak bintang di langit malam hari ini.
                “ri kamu tau kan aku udah lama suka sama kamu?” ucap Adam spontan saat dirasanya ia terlalu bertele – tele malam ini.
                “oh ya? Aku bahkan nggak tau kalo kamu suka sama cewek dam hehehe” Riana terlalu polos untuk diajak berbicara serius berdua. Adam tak habis pikir ia menyukai wanita yang sedemikian rumit di mengerti.
                “ampun deh ri. Ri aku suka sama kamu. Udah lama.” Ucap Adam lagi sambil meraih tangan mungil Riana. Yang di pegang hanya berekspresi datar
                “dam kamu ngerasa nggak ini kayak di ftv? Kamu mau nembak aku ya? Pegang tangan terus ngasih setangkai bunga? Yakan dam?”
                Sial rencana Adam tertebak. Apa iya rencananya segitu mainstreamnya sampe – sampe Riana tau banget soal trik ini. Atau Adam yang kelewat bodoh karena tidak memikirkan faktor bahwa Riana suka sekali menonton ftv.
                Adam segera melepas genggaman tangannya dan melempar bunganya ke depan Riana. “tuh ah ri, udah nggak romantis. Ketebak sama kamu rencana ku” lalu pasang tatapan lurus kedepan dan berusaha keras menyembunyikan perasaan malunya.


(END FLASHBACK)
                “okeeey… kamu tau? Ini hari jadi kita tepat tiga tahun dam” ucap Riana sambil bergelayut manja di pundak Adam.
                “belum kan? Masih kurang sepuluh menit ri” jawab Adam sambil melihat jam tangan butut miliknya yang setahun lalu di belikan oleh Riana.
                “oh my god, dam kamu lebih hafal dibanding aku. Maaf ya” sesal Riana yang merasa malu karena ternyata Adam jauh lebih detil mengingat hari jadi mereka.
                Sebuah tangan mendarat tepat di kepala Riana dan mengacak lembut rambut itu. Saat seperti ini adalah saat yang sangat dinikmati oleh Riana. Adam jarang punya waktu untuk Riana delapan bulan belakangan ini. Adam sudah mulai mengejar materinya karena sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional.
                Sebenarnya Riana juga harus menghadapi ujian nasional di tahun yang sama dengan Adam, tapi Riana terlalu malas untuk menyibukkan diri sejak jauh – jauh hari. Menurutnya hanya akan membuatnya lelah dan tak terlalu berguna juga.
                Adam adalah sosok yang sangat Riana banggakan. Selain jago gelindingin bola di rumput hijau nan luas, Adam juga jago banget main gitar, Adam juga tergolong murid pintar di sekolah. Adam melengkapi apa yang tidak lengkap di diri Riana. Adam selalu jadi pegangan saat Riana merasa ingin jatuh. Adam selalu menjadi saksi atas apapun yang Riana lakukan di hidupnya. Adam juga selalu menjadi guru private gratis buat Riana yang jujur malas sekali belajar apalagi menyewa guru private. Adam segalanya untuk Riana.
                Sedangkan Riana adalah sosok yang selalu Adam rindukan. Riana selalu setia memberi masalah baru di hidup Adam yang tidak pernah sekalipun ada niat Adam untuk menghilangkan masalah itu. Masalah yang menurut Adam akan selalu ada sampai akhir hayatnya. Masalah yang tidak akan pernah selesai. Dan masalah yang akan terus menuntut Adam untuk ikut turun tangan menghadapinya. Masalah meyakinkan Riana bahwa Adam sangat mencintai Riana dan masalah membawa Riana pergi lebih jauh masuk ke hati milik Adam.

***

                Sore – sore sejuk gini biasanya Adam sudah keluar dari pintu rumahnya hanya sekedar untuk melihat langit. Namun sejak tiga puluh menit lebih Riana duduk di balkon kamarnya, tak ada tanda bahwa akan ada yang membuka pintu rumah di depannya. Rumah Adam. Riana dan Adam sudah sembilan tahun bertetangga. Sehingga Adam dengan mudah mampir dan berkunjung ke rumah Riana yang Cuma berhadapan dengan rumahnya.
                Sepertinya Adam tidak ada di rumah, karena sejak tadi Riana memperhatikan jendela kamar Adam tak ada tanda – tanda pemiliknya sedang didalam sana. Riana bangkit dan mulai melangkahkan kakinya hendak masuk ke dalam kamar saat dering hapenya terdengar jelas di telinganya. Adam.
                “yaa?” ucap Riana selang beberapa detik mengangkat telfon dari Adam.
                “udah makan belom? Makan yuk, laper banget nih ri, mami nggak masak” ajak Adam yang langsung to the point pada Riana.
                “makan di sini aja, mami masak pindang daging, kamu suka kan pindang daging buatan mami?” ajak Riana sekaligus dengan ekspresi malas menanggapi. “kamu jangan jajan mulu dam, boros banget sih! Udah cepet sini kerumah, aku siapin ya, kalo lima menit nggak nyampe aku bekelin ke rumah kamu!” suruh Riana dengan nada cerewet khasnya.
                “iya iya cerewet banget sih, yaudah tunggu ya ri” dan bip. Telfon dimatikan.
                Ting – tong! Bel rumah Riana berbunyi saat Riana sedang meletakan mangkuk besar berisi pindang daging untuk dimakan Adam dan dirinya. “bi tolong bukain pintunya bi, itu si adam mau minta makan” suruh Riana asal pada pembantu rumahnya. Sang bibi segera melaksanakan tugas yang di berikan oleh majikannya itu.
                “mana ri pindangnya?” buru Adam saat baru saja sampai di depan meja makan keluarga milik Riana. Dirinya sudah di hinggapi rasa lapar yang luar biasa.
                Riana sudah sangat terbiasa dengan keadaan seperti ini “tuh, makan gih!” tunjuk Riana dengan dagunya ke arah mangkuk pindang yang sedang di cari oleh Adam
                “aku makan sendiri? Kamu udah makan?” tanya Adam saat menduduki kursi makan.
                “belom, ini aku mau ngambil minum dulu. Duluan aja gih”
                Riana sangat menyukai Adam dan entah apa yang akan dia lakukan jika seandainya dia dan Adam bukan takdir tuhan. Hubungan mereka memang belum terlalu lama tapi Riana tidak bisa melepas Adam begitu saja.

***

                Hari ini adalah hari dimana Adam harus berangkat ke Sidney melanjutkan studynya di universitas negri ternama disana. Sebenarnya Riana senang Adam dapat mewujudkan keinginan ayah Adam yang kuliah menginginkan Adam kuliah di Sidney, tapi ada hal mengganjal karena semalam Adam berkata aneh. Yang katanya harus jaga diri baik – baik lah, jangan nungguin dia lah, ya banyank yang aneh – aneh kayak sekarang di bandara.
                “ri kamu kalo mau cari pengganti aku yang lebih baik ya, minimal samaan lah hehe” ucap Adam dengan sedikit bercandaan yang menurut Riana sama sekali tidak lucu.
                “apaan si dam? Pengganti? Emangnya kamu mau kemana? Cuma empat tahun mentok kok disana. Lagian ga ada lah pengganti kamu buat aku” ucap Riana sambil memeluk pinggang Adam. Riana merasa Adam sangat berbeda.
                “udah pokoknya inget pesen aku yang tadi yah” kata Adam terakhir kali sebelum pergi.

***

                Riana sampai dirumah dan sedang asyik menata piring yang telah selesai di cuci kakaknya. Tiga jam setelah keberangkatan Adam tadi, Riana sudah merasakan sepi di hatinya. Baru tiga jam pikirnya. Dia melongok ke arah tv yang sedang maminya tonton yang menunjukan berita kecelakaan pesawat tujuan Jakarta – Sydney dengan maskapai penerbangan yang sama seperti yang dinaiki oleh Adam. Seketika itu piring yang sedang dipegangnya jatuh dan pecah berserakan. Kakak dan maminya yang kaget langsung menghampiri Riana yang jatuh duduk dan menangis.
                “ya ampun ri kamu kenapa sih?” tanya maminya dengan sentakan khawatir dengan putrinya itu Riana.
                “mi.. itu.. itu. Itu pesawat yang ditumpangi Adam” susah payah Riana mengatakannya karena sambil menangis tersedu.
                Mami sangat kaget mendengar ucapan Riana. Dan langsung saja sang mami mendatangi rumah Adam dan menanyakan perihal keadaan Adam dengan kedua orangtuanya.
                “belum ada kabar lebih lanjut jeng, Adam juga tidak menghubungi sama sekali” ucap ibunda Adam sambil menyeka air matanya yang terus mengalir pasca mendengar berita kecelakaan pesawat itu.

***

                Seminggu kemudian berita mengenai korban pesawat jatuh itu di umumkan. Riana coba memastikan di daftar korban meninggal. Ada sekitar dua puluh korban meninggal di sana. Dan tidak ada nama Adam disana. Lalu mencoba mencari di daftar lain dan ada. Sebuah nama GEOVAN ADAM HUTOMO tertera dengan pelengkap umur dan golongan darah. Adam masih hidup dan dirawat di rumah sakit swasta di Jakarta. Segera Riana dan keluarga Adam mendatangi rumah sakit tersebut.
                Suasana haru terasa sekali ketika ibunda Adam menangis dihadapan Adam yang kondisinya baik – baik saja. Hanya kaki kananya patah dan sedikit luka – luka di lengan dan keningnya. Adam tersenyum dan mengatakan bahwa ia sangat beruntung karena tidak meninggal dalam kecelakaan tersebut.

THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar